Senin, 27 Desember 2010

Gomen nasai..

Siapa bilang memaafkan itu sulit..?
Memaafkan itu mudah.
Sangat mudah.
Tapi proses-proses setelah memaafkan itu yang sulit.
Bisakah untuk ikhlas?
Bisakah untuk rela?
Ga' cuma cukup maaf dibibir, perlu keihklasan dan kerelaan juga dalam bertindak.
Dan menurut aku, ikhlas dan rela adalah suatu hal yang paling sulit.
Mungkin mudah kalau kita sudah ga' peduli.
Tapi terhadap hal yang paling kita pedulikan..... rasa-rasany membutuhkan hati yang luar biasa besar.
Dan aku akui aku ga' memiliki hati seluas itu.

Belajar ikhlas untuk menerima hal-hal yang buruk.
Belajar rela, menerima bahwa hal tersebut pernah dan mungkin untuk terjadi lagi.
Belajar untuk memaafkan dengan arti sesungguhny.

Memang sulit, sangat.
Tapi hal-hal kae gitulah yang perlu dipelajari lebih dalam lagi.
Agar bisa menjalani hidup dengan lebih baik, ga' cuma nerima yang baik tetapi juga menerima yang buruk.
Memang butuh proses.
Setelah bilang kae gini, belum tentu aku bisa langsung mengaplikasikanny dikehidupanku.
Tapi setidakny, aku tau apa yang harus kulakukan saat mengatakan, "Ya, aku maafin kamu."

Ikhlas dan rela..
Dan tidak mengungkit hal yang sudah lewat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar