Sabtu, 21 Februari 2015

Special "Holiday" part 1

Ass..

Alhamdulillah, akhirny salah satu rencana yang awalny direncanakan terlaksana tahun lalu, akhirny bisa terlaksana di tahun ini. Tanggal 5 sampe 13 Feb kemarin, Aq dan keluarga telah menjalankan ibadah Umroh untuk yang pertama kaliny. Seperti yang dibilang tadi, sebenarny rencanany pengen dilaksanakan pas bulan Des 2014 kemarin. Tapi karena ada kendala, jadi ngk bisa. Akhirny cocokin jadwal dengan liburny si Ndul, Feb ini lah baru bisa dilaksanakan. Dan Alhamdulillah ngk ada kendala sejak pergi hingga pulang lagi ke Balikpapan =)

Pertama kaliny ke luar negeri dan negara yang dituju adalah Arab dengan tujuan ibadah, merupakan hal yang paling wow buat Aq. Dengan segala macam persiapan yang bikin hectic, ditambah masukan teman-teman yang semuany bilang, "Jangan lupa bawa ini", "Jangan lupa bawa itu". Thanks Guys, you're the best! Sampe Mba Anggit yang ngasi sangu beberapa real, ce Henny yang minjemin jaket dan syalny yang sungguh sangat bermanfaat mengingat memang suhu di Arab lagi rendah-rendahny >_<

Well, mungkin postingan kali ini bakal agak berat karena banyak foto. Ijinkan saya yah. hihihi..

Let the journey begin!

Rombongan saya =)
Perjalanan dimulai hari Kamis, tanggal 5 Feb 2015. Ruteny adalah Balikpapan - Jakarta, terus lanjut Jakarta - Jeddah. Dari Balikpapan sih pagi, dan jadwal sampai di Jeddah adalah malam waktu setempat.

Tiket pergi ^_^
Jadwal Jakarta - Jeddah yang tampil di Garuda
Perbedaan waktu antara Balikpapan dan Jeddah sih 5 jam. Jeddah 5 jam lebih lambat dari Balikpapan. Jadi waktu di Balikpapan udah jam 23.59, di Jeddah masih jam 18.59. Jadi, pada tanggal 5 itu, waktuq dalam sehari bukan lagi 24 jam, melainkan 29 jam. Waw! Dan disepanjang perjalanan, aq ditemani oleh baymax berbahasa Arab XD

Baymax Arab

Sampai di Jeddah ontime, di Bandara Internasional King Abdul Aziz sekitar jam 10 malam. Dan tepat saat mau mendarat, flu kumat. Maklum, udah malam dan suhu diluar sangat amat dingin. FYI, untuk jemaah Umroh dan Haji, terutama dari Indonesia, terminalny berbeda dengan penerbangan biasa. Dan memang kalo diliat, terminal ini mengutamakan space nya yang luas. Maklum, jemaah Umroh ato Haji pasti jumlahny ngk bisa dibilang sedikit =)

Dari Jeddah ini langsung perjalanan darat menggunakan bis ke Madinah. Bisny sih standar aja sama bis di Indonesia yah. Tapi hebatny loh, bis yang standar aja, buat buka dan nutup pintuny pake remote. Ngk perlu lagi supirny lari-larian cuma buat buka dan nutup pintu kalo-kalo ada kendaraan dari belakang pas pintu lagi kebuka =D Perjalanan sekitar 4-5 jam. Di jadwal sih Subuh baru sampe di Madinah. Suhu di Jeddah masih standar-standar aja, walo terbilang lebih dingin dari Balikpapan saat malam. Tapi masih tahan laahh walo ngk pake jaket (maklum, jaketq ada di koper =P).

Sepanjang perjalanan, luar biasa banget deh. Kalo dibandingkan dengan kondisi perjalanan Balikpapan-Samarinda mah beda jauh lah ya.. Ngk bakal ada perjalanan diantara hutan. Yang ada adalah perjalanan melintasi padang pasir. Cuma karena malam, jadi ngk bisa foto. Hapeq juga mati karena lowbat, huhu.. Sempat berenti di pom bensin saat udah di Madinah. Dan benar aja, suhu langsung berubah drastis. Efek ngk ada jaket, jadi cuma make syal punya ce Henny, lengkap dengan masker dan sarung tangan. Hahahaha....

Subuh di Madinah sekitar jam 6 pagi. Memang jam segitu suasana masih gelap banget dan dingin bangett.. Dan Alhamdulillah letak hotelny deket banget dengan Mesjid Nabawi. Dekat dengan tempat solat cewek, pintu 25.

Mesjid Nabawi saat malam
Selama Madinah, diajak masuk ke Raudoh malam-malam. Memang jadwal cewe untuk masuk adalah malam hari. Sekitar jam 9. Dan benar-benar penuh perjuangan, apalagi kalo ketemu dengan jemaah lain entah dari negara apa yang menggunakan pakaian serba hitam. Kalo boleh q ngomong kasar, mereka brutal. Hehehe.. Alhamdulillah setelah penantian panjang yang juga bikin ngantuk, bisa juga sholat di Raudoh. Masuk jam 9 malam, sholat 2 rekaat, dan keluar jam 12an malam. Betapa lamany mengantri didalam sana =D Setelah keluar, kirain bakalan sepi. Ternyata masih rame aja diluar. Masih banyak orang yang jualan di gerobak-gerobak, di tikar-tikar. Benar-benar kota 24 jam.

Keluar dari Raudoh ditengah dinginny malam ^o^
Di Madinah ini, tepat didepan Mesjid Nabawi terdapat tugu. Dan di sekitaran tugu itu banyak banget burung merpatiny. Memang banyak juga yang jual makanan burung, mungkin memang objek wisata (lebih tepatny objek foto). Tapi wow banget lah ngeliat hamparan burung merpati disana.

Tugu didepan Mesjid Nabawi
Can't you see the pigeons behind us?
Lautan merpati
Selain terdapat tugu, didepan Mesjid Nabawi juga banyak jualan-jualan. Berbagai macam barang, mulai dari jilbab, baju, Al Quran, pernak-pernik kae tasbih gelang cincin, ada juga makanan. Nyaman banget lah di Madinah ini. Cuaca yang sejuukk, suasana yang nyaman. Top banget pokokny.

Suasana "pasar" depan Mesjid Nabawi
Di Mesjid Nabawi ini sempat juga ikut solat Jumat, dan ceramahny tentu aja menggunakan bahasa Arab. Benar-benar cobaan, ditengah ngantuk yang dahsyat dan ngk ngerti apa isi ceramahnya X(. Eniwei, didalam mesjid disediakan air zam-zam bergalon-galon free. Tinggal minum aja, dan sudah disediakan gelasny. Bisa kita pilih pula, mau air dingin atau yang biasa. Aq sih selalu ambil yang biasa, karena buat aq, yang biasa juga terasa dingin tuuhh..

Galon air Zam Zam yang Not Cold jauuh lebih sedikit daripada yang Cold

Al Quran di salah satu tiang.
Tempat wudhu di bagian cewe
Di Madinah ini, sempat jalan juga ke tempat-tempat wisatany, seperti Kebun Kurma, B'ir Usman, Jabal Magnet, Jabal Uhud. Kebun Kurma itu sebelumny udah pernah denger dari Mba Anggit, bilangny kalo mau beli oleh-oleh kacang-kacangan dan segala macam kurma, disitu aja. Takjub dong, ngebayangin seperti apa Kebun Kurma. Apa mirip-mirip Kebun Strawberry? Dan ternyata..

Ndul di depan Kebun Kurma
Iya, foto diatas adalah si Ndul didepan Kebun Kurma. Ngk salah lagi. Dan memang jauuhh dari ekspektasiq. Jadi didalam itu semacam swalayan. Memang banyak banget oleh-oleh dari berbagai macam kacang, coklat, dan tentu aja kurma yang udah didalam kardus. Jadi ngk ada pohon-pohon ato bayangan makan kurma yang baru kita petik dari pohonnya =D Tapi kalo soal bisa makan kurma sepuasny disini, itu ngk mengecewakan. Memang bisa makan sepuasny. Coklat juga bisa.

Bermacam-macam coklat
Kalo foto diatas bukan coklat yang bisa dimakan cuma-cuma. Di salah satu sisi yang aq ngk sempat foto, ada semeja besar coklat yang dihampar. Coklat kiloan dengan berbagai macam isi. Boleh dicoba sebanyak yang kita mau =) Sayangny aq ngk begitu suka coklat. Jadi cuma bisa ngeliatin aja orang bolak-balik makan -_-" Tapi puaslahh nyobain kurmany. Apalagi kurma muda yang masih dingin, nyamm..

Selain itu ada Jabal Magnet. Kebetulan beberapa waktu lalu sebelum berangkat, sempat liad di tv yang mengulas tempat-tempat aneh didunia. Dan tempat ini muncul. Dimana kalo disana, kendaraan yang mati pun bisa tetap jalan walopun jalanny menanjak. Mungkin ada medan magnet yang menarik kendaraan itu, entahlah. Tapi tetap takjub donk yahh. Waktu disana memang banyak mobil-mobil yang nyobain =D

Didekat Jabal Magnet. Terik tapi dingin, brr..
Eniwei, aktivitas di kota ini sungguh luar biasa. Kebetulan didepan hotel banyak toko-toko kecil. Dan setiap mendekati waktu sholat, semua toko-toko itu pada tutup, dan baru buka lagi setelah sholat. Begitu juga dengan penjual-penjual yang menggunakan gerobak. Jangan harap selama waktu sholat bisa nemuin toko yang buka. Tapi memang toko-tokony kaeny buka 24 jam diluar jam sholat. Dan semalam apapun aq ngelewatin toko-toko itu, ngk pernah sepi. Kota 24 jam yang luar biasa.

Penjual coklat dan kacang kiloan di gerobak depan Mesjid Nabawi
Menunggu Maghrib di Mesjid Nabawi
Sekian untuk "liputan" di Madinah =D Kota yang luar biasaaa. Eniwei, disini sering banget yah, lagi duduk-duduk di Mesjid, tau-tau dicolek-colek dari belakang, ditawarin kurma. Alhamdulillah, orangny baik-baik. Pekerjany juga banyak banget yang orang Indonesia, dari Jawa kebanyakan.

Untuk "liputan" di Mekah di postingan berikutnya yahh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar